Latar belakang
Manajemen adalah proses perencanan seseorang
guna mencapai tujuan yang di ingginkan setiap orang memerlukan perencanaan
dalam hidup guna mencapai tujuan hidupnya secara terencana.
Setiap makhluk hidup berinteraksi dengan cara
berkomunikasi.komunikasi dapat dilakukan melalui bahasa tubuh, lisan, tulisan
maupun dengan menggunakan simbol.Dan komunikasi merupakan cara seseorang untuk
menyampaikan sesuatu pesan untuk orang lain. Tanpa adanya komunikasi semua
kegiatan manusia pasti akan terhambat.
Rumusan Masalah
1.
Menjelaskan definisi psikologi manajemen dan organisasi
2.
Menjelaskan tentang
pengertian komunikasi beserta munurut tohoh ahli komunikasi
3.
Membahas
dimensi-dimensi dalam komunikasi
4.
Menjelaskan definisi
pengaruh dan kunci perubahan perilaku
Tujuan
Agar mahasiswa memahami pengertian psikologi
manajemen,organisasii, komunikasi serta mengetahui 4 macam dimensi komunikasi,
meliputi dimensi isi, dimensi kebisingan, dimensi jaringan, dan dimensi arah
dan definisi pengaruh kunci perubahan.
Kata pengantar
Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas
segala rahmatNYA sehingga makalah ini dapat tersusun hingga selesai . Tidak
lupa kami juga mengucapkan banyak terimakasih atas bantuan dari pihak yang
telah berkontribusi dengan memberikan sumbangan baik materi maupun pikirannya.
Dan harapan kami semoga makalah ini dapat menambah pengetahuan dan pengalaman bagi para pembaca, Untuk ke depannya dapat memperbaiki bentuk maupun menambah isi makalah agar menjadi lebih baik lagi.
Karena keterbatasan pengetahuan maupun pengalaman kami, Kami yakin masih banyak kekurangan dalam makalah ini, Oleh karena itu kami sangat mengharapkan saran dan kritik yang membangun dari pembaca demi kesempurnaan makalah ini.
Bekasi, Oktober 2015
Penyusun
Dan harapan kami semoga makalah ini dapat menambah pengetahuan dan pengalaman bagi para pembaca, Untuk ke depannya dapat memperbaiki bentuk maupun menambah isi makalah agar menjadi lebih baik lagi.
Karena keterbatasan pengetahuan maupun pengalaman kami, Kami yakin masih banyak kekurangan dalam makalah ini, Oleh karena itu kami sangat mengharapkan saran dan kritik yang membangun dari pembaca demi kesempurnaan makalah ini.
Bekasi, Oktober 2015
Penyusun
Psikologi Managemen
Definisi Psikologi
Manajemen
Manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian,
pengarahan, dan pengawasan usaha-usaha para anggota organisasi dan penggunaan
sumber daya organisasi lainnya agar mencapai tujuan yang telah ditetapkan
(Stoner).
Lalu,apa pengertian
psikologi manajemen?
Psikologi manajemen
adalah ilmu tentang bagaimana mengatur / me-manage sumber daya yang ada untuk
memenuhi kebutuhan.
Kaitannya dengan
psikologi:
Dengan ditemukan dan
dikembangkannya ilmu psikologi, diketahui bahwa unsur SDM ternyata merupakan
yang terpenting dari ketiga modal kerja perusahaan manapun.
Pasalnya, ilmu
psikologi yg memang berpusat pada manusia, mampu mengintervensi berbagai faktor
internal manusia seperti motivasi, sikap kerja, keterampilan, dsb dengan
berbagai macam teknik dan metode, sehingga bisa dicapai kinerja SDM yang
setinggi-tingginya untuk produktivitas perusahaan.
Pengertian Manejemen
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)
Manajemen adalah orang yg mengatur pekerjaan atau kerja sama di antara berbagai
kelompok atau sejumlah orang untuk mencapai sasaran atau orang yg berwenang dan
bertanggung jawab membuat rencana, mengatur, memimpin, dan mengendalikan
pelaksanaannya untuk mencapai sasaran tertentu.
kata Manajemen berasal dari bahasa Prancis
kuno ménagement, yang artinya seni melaksanakan dan mengatur. Menurut Mary
Parker Follet, manajemen sebagai seni menyelesaikan pekerjaan
melalui orang lain. Definisi ini berarti bahwa seorang manajer bertugas
mengatur dan mengarahkan orang lain untuk mencapai tujuan organisasi. Definisi
tentang manajemen menurut ahli, diantaranya:
·
Prof. Eiji Ogawa
Manajemen adalah Perencanaan, Pengimplementasian dan Pengendalian kegiatan-kegiatan termasuk system pembuatan barang yang dilakukan oleh organisasi usaha dengan terlebih dahulu telah menetapkan sasaran-sasaran untuk kerja yang dapat disempurnakan sesuai dengan kondisi lingkungan yang berubah.
Manajemen adalah Perencanaan, Pengimplementasian dan Pengendalian kegiatan-kegiatan termasuk system pembuatan barang yang dilakukan oleh organisasi usaha dengan terlebih dahulu telah menetapkan sasaran-sasaran untuk kerja yang dapat disempurnakan sesuai dengan kondisi lingkungan yang berubah.
·
Mary Parker Follet
Berpendapat bahwa manajemen adalah seni dalam menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain.
Berpendapat bahwa manajemen adalah seni dalam menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain.
·
James A.F. Stoner
Berpendapat manajemen dapat diartikan sebagai proses perencanaan, pengorganisasian, kepimpinan, dan pengawasan upaya (usaha-usaha) anggota organisasi dan menggunakan semua sumber daya organisasi untuk mencapai tujuan yang ditetapkan.
Berpendapat manajemen dapat diartikan sebagai proses perencanaan, pengorganisasian, kepimpinan, dan pengawasan upaya (usaha-usaha) anggota organisasi dan menggunakan semua sumber daya organisasi untuk mencapai tujuan yang ditetapkan.
·
William H. Newman
Manajemen adalah fungsi yang berhubungan dengan memperoleh hasil tertentu melalui orang lain.
Manajemen adalah fungsi yang berhubungan dengan memperoleh hasil tertentu melalui orang lain.
Organisasi
Definisi Organisasi
Organisasi dapat
diartikan sebagai suatu alat atau wadah kerjasama untuk mencapai tujuan bersama
dengan pola tertentu ,yang perwujudannya memiliki kekayaan baik fisik maupun
non fisik.
Menurut
Rosenzweig,organisasi dapat dipandang sebagai : (1) Sistem sosial,yaitu
orang-orang dalam kelompok,(2) integrasi atau kesatuan dari aktivitas-aktivitas
orang-orang yang bekerja sama dan (3) orang-orang yang berorientasi dan
berpedoman pada tujuan bersama.Sedangkan Allen, berpendapat bahwa organisasi
adalah suatu proses identifikasi dan pembentukan serta pengelompokan kerja ,
mendefinisikan dan mendelegasikan wewenang dan tanggung jawab dan menetapkan
hubungan-hubungan dengan maksud untuk memungkinkan orang-orang bekerja sama
secara efektif dalam menuju tujuan yang ditetapkan.
Karakteristik Organisasi (Nicholas Henry, 1988 : 73):
1.
Punya maksud tertentu,
dan merupakan kumpulan berbagai manusia
2.
Punya hubungan
sekunder (impersonal)
3.
Punya tujuan yang
khusus dan terbatas
4.
Punya kegiatan
kerjasama pendukung
5.
Terintegrasi dalam sistem
sosial yang lebih luas
6.
Menghasilkan barang
dan jasa untuk lingkungannya dan sangat terpengaruh atas setiap perubahan
lingkungan.
Definisi Komunikasi
Komunikasi adalah proses penyampaian pesan
kepada orang lain. Itu definisi, makna, arti, atau pengertian komunikasi
(communication) secara praktis atau dalam praktik kehidupan
sehari-hari. Pesan (message) itu bisa berupa informasi, pemberitahuan,
keterangan, ajakan, imbauan, bahkan provokasi atau hasutan. Kata kunci
dalam komunikasi adalah pesan itu. Dari pesan itulah sebuah proses komunikasi
dimulai. Komunikasi terjadi karena ada pesan yang ingin atau harus disampaikan
kepada pihak lain.
1. Definisi
komunikasi menurut para ahli :
a. Everett M. Rogers, Komunikasi adalah proses dimana suatu
ide dialihkan dari sumber kepada suatu penerima atau lebih, dengan maksud untuk
mengubah tingkah laku mereka. (pengantar Ilmu komunikasi, 1998, hal 20,
Prof. Dr. Hafied Cangara, M. Sc.) (Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar , 2005,
hal 62, Dedy Mulyana).
b. Rogers & D. Lawrence Kincaid, 1981, Komunikasi
adalah suatu proses dimana dua orang atau lebih membentuk atau melakukan
pertukaran informasi dengan satu sama lainnya, yang pada gilirannya akan tiba
pada saling pengertian yang mendalam. (pengantar Ilmu komunikasi, 1998,
hal 20, Prof. Dr. Hafied Cangara, M. Sc.).
c. Shannon & Weaver, 1949, Komunikasi adalah bentuk
interaksi manusia yang saling pengaruh mempengaruhi satu sama lainnya, sengaja
atau tidak sengaja. Tidak terbatas pada bentuk komunikasi menggunakan bahasa
verbal, tetapi juga dalam hal ekspresi muka, lukisan, seni, dan
teknologi. (pengantar Ilmu komunikasi, 1998, hal 20, Prof. Dr. Hafied
Cangara, M. Sc.).
d. David K. Berlo, 1965 Ilmu pengantar komunikasi
Komunikasi sebagai instrumen dari interaksi sosial berguna untuk mengetahui dan
memprediksi setiap orang lain, juga untuk mengetahui keberadaan diri sendiri
dalam memciptakan keseimbangan dengan masyarakat. (pengantar Ilmu
komunikasi, 1998, hal 3, Prof. Dr. Hafied Cangara, M. Sc.).
B. Dimensi
Komunikasi
1.
Isi
Dimensi isi disandi secara verbal dan menunjukkan muatan (isi)
komunikasi, yaitu apa yang dikatakan. Dalam komunikasi massa, dimensi isi
merujuk pada isi pesan.
2.
Kebisingan
Kebisingan adalah tinggi rendahnya suara yaang terdengar dalam
melakukan komunikasi.
3.
Jaringan
Jaringan adalah sejauh mana seseorang meluaskan jangkauan
informasinya dalam melakukan komunikasi. Diantaranya ada komunikasi yang
bergantung pada (jaringan satelit).
4.
Dimensi Arah
Komunikasi dalam konteks ini dibagi menjadi dua, yaitu
komunikasi satu arah dan komunikasi dua arah. Komunikasi satu arah merupakan
satu orang memberikan informasi kepada orang lainnya tanpa ada timbal balik,
sedangkan komunikasi dua arah merupakan komunikasi dimana satu orang memberikan
informasi ke orang lain, dan orang lain juga memberikan informasi, sehingga
terjadi pertukaran informasi diantara keduanya
Mempengaruhi perilaku
o Definisi Pengaruh :
WIRYANTO
Pengaruh merupakan tokoh formal mauoun informal di dalam
masyarakat, mempunyai ciri lebih kosmopolitan, inovatif, kompeten, dan
aksesibel dibanding pihak yang dipengaruhi
M. SUYANTO (AMIKOM
YOGYAKARTA)
Pengaruh merupakan nilai kualitas suatu iklan melalui media
tertentu
UWE BECKER
Pengaruh adalah kemampuan yang terus berkembang yang – berbeda
dengan kekuasaan – tidak begitu terkait dengan usaha memperjuangkan dan
memaksakan kepentingan
(involed is formatif vermogen dat – in tegens telling tot macht
– niet direct verbonden is met strijd en de doorzetting van belangen)
o kunci-kunci perubahan perilaku:
kunci perubahan masyarakat adalah membentuk daya intelektual
(pikaran positif) dan perbuatan yang menjunjung tinggi nilai
kemanusiaan,sehingga terjadi perubahan perilaku yang secara otomatis diikuti
dengan perubahan masyarakat.
o model-model mempengaruhi orang lain dan
peranannya dalam psikologi manajemen:
Kepemimpinan adalah suatu kegiatan memengaruhi orang lain agar orang tersebut mau
bekerja. Peranannya dalam psikologi manjaemen adalah jika dalam suatu
organisasi pemimpin dapat melakukan tugasnya dengan baik seperti membimbing dan
mengawasi bawahannya maka secara tidak langsung ia dapat mempengaruhi orang
lain dengan baik,.
o wewenang dan peranan:
wewenang adalah kemampuan untuk menggunakan pengaruh pada orang
lain artinya kemampuan untuk mengubah sikap atau tingkah laku individu atau
kelompok. Wewenan juga berarti kemampuan untuk mempengaruhi individu,keputusan
dan kejadian, wewenang tidak sama dengan kekuasan, wewenang tanpa kekuasaan akan
menyebabkan konflik.
Peranan (role) merupakan proses dinamis kedudukan. Apabila
seseorang melaksanakan hak dan kewajibannya sesuai kedudukannya. Maka dia telah
menjalankan suatu peranan.
Daftar pustaka
Munandar, Ashar
Sunyoto. (2001). Psikologi Industri dan Organisasi. Jakarta: Penerbit
Universitas Indonesia (UI-Press)
Penutup
Demikian yang dapat kami
paparkan mengenai materi yang menjadipokok bahasan dalam makalah ini, tentu nya
masih ba nyak kekurangan dan kelemahan nya, kerena terbatas nya pengetahuan dan
kurang nya rujukan atau referensi yang ada hubungan nya dengan judul makalah
ini.
Penulis banyak berharap para pembaca yang budi man dusi memberikan kritik dan saran yang membangun kepada penulis demi sempurna nya makalah ini dan dan penulisan makalah dikesempatan-kesempatan berikut nya. Semoga makalah ini berguna bagi penulis pada khusus nya juga para pembaca yang budi man pada umum nya.
Penulis banyak berharap para pembaca yang budi man dusi memberikan kritik dan saran yang membangun kepada penulis demi sempurna nya makalah ini dan dan penulisan makalah dikesempatan-kesempatan berikut nya. Semoga makalah ini berguna bagi penulis pada khusus nya juga para pembaca yang budi man pada umum nya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar